Sabtu, 24 Mei 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH Kelas 9 SMT 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         3.      Memahami muamalah di luar jual beli          
B.          Kompetensi Dasar
         3.1    Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan  dan wajib dalam cara pinjam meminjam
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Pinjam meminjam
F.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Role Play ( Bermain Peran)  : memerankan karakter pinjam meminjam untuk mengekspresikan perasaan yang tersembunyi dan keperkaan terhadap masalah-masalah sosial mengenaio pinjam meminjam
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi pinjam meminjam
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar pinjam meminjam dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang pinjam meminjam. 
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  pinjam meminjam dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Tunjuk 2/atau3 siswa/peserta didik maju ke depan untuk memerankan karakter pinjam meminjam
§  Meminta 2/atau 3 siswa/peserta didik yang maju ke depan untuk bertukar peran
§  Hentikan role play apabila telah mencapai puncak yang tinggi/dirasa sudah cukup
§  sementara pada saat peserta didik yang maju memerankan karakternya masing-masing yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
§   
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian pinjam meminjam
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi pinjam meminjam.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian utang piutang, gadai, dan borg untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 54 ),Alat:
§  Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara pinjam meminjam
Tes lisan

Unjuk kerja
Uraian

Uraian
§  Jelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam!
§  sebutkan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara pinjam meminjam!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         3.      Memahami muamalah di luar jual beli          
B.          Kompetensi Dasar
         3.2    Menjelaskan ketentuan  utang piutang, gadai dan borg
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian utang piutang, gadai dan borg 
§  Siswa dapat menjelaskan dasar hukum utang piutang, gadai dan borg
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Utang piutang, gadai dan borg
F.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang utang piutang, gadai dan borg
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi utang piutang, gadai dan borg
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar utang piutang, gadai dan borg dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang utang piutang, gadai dan borg.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  utang piutang, gadai dan borg dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan utang piutang, gadai dan borg dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mempraktekkan utang piutang, gadai dan borg sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian utang piutang, gadai dan borg (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi utang piutang, gadai dan borg.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian upah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 57 )
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian utang piutang, gadai dan borg 
§  Siswa dapat menjelaskan dasar hukum utang piutang, gadai dan borg
Tes tulis

Tes tulis


Tes lisan
Uraian


Uraian

Uraian
§  Jelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam!
§  Jelaskan pengertian utang piutang, gadai dan borg!
§  Jelaskan dasar hukum utang piutang, gadai dan borg!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         3.      Memahami muamalah di luar jual beli          
B.          Kompetensi Dasar
         3.3    Menjelaskan ketentuan  upah
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan upah
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara ketentuan  upah
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Ketentuan  upah
F.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang upah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi upah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar upah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang upah.   
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  upah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan upah dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mempraktekkan upah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian upah
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi upah.

10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 63 ) ,Alat:
§  Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan ketentuan  upah
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan  dan wajib dalam cara ketentuan  upah
Tes lisan

Unjuk kerja
Uraian

Uraian
§  Jelaskan ketentuan upah!

§  Sebutkan hal-hal yang disunatkan  dan wajib dalam cara ketentuan  upah!



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         3.      Memahami muamalah di luar jual beli          
B.          Kompetensi Dasar
         3.4    Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
F.          Metode Pembelajaran
J.           Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Role Play ( Bermain Peran)  : memerankan karakter pinjam meminjam untuk mengekspresikan perasaan yang tersembunyi dan keperkaan terhadap masalah-masalah sosial mengenaio pinjam meminjam
K.          Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi pinjam meminjam
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar pinjam meminjam dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang pinjam meminjam. utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah 
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  pinjam meminjam utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
Fase Elaborasi
§  Tunjuk 2/atau3 siswa/peserta didik maju ke depan untuk memerankan karakter pinjam meminjam utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
§  Meminta 2/atau 3 siswa/peserta didik yang maju ke depan untuk bertukar peran
§  Hentikan role play apabila telah mencapai puncak yang tinggi/dirasa sudah cukup
§  sementara pada saat peserta didik yang maju memerankan karakternya masing-masing yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
§   
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian pinjam meminjam
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi pinjam meminjam.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari literatur tentang pengurusan jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
G.         Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 64 ),Alat:. Boneka, gunting,Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
Unjuk kerja



Performan
Uraian



Uraian
§  Jelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah!
§  Jelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah




MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih




SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         4.      Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.          Kompetensi Dasar
         4.1    Menjelaskan  ketentuan  tentang pengurusan jenazah, ta’ziyah dan ziarah kubur
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan janazah
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§  Siswa dapat tatacara menjelaskan menyalatkan janazah
§  Siswa dapat tatacara menjelaskan menguburkan janazah
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Perawatan jenazah
F.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 76 ) ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan janazah
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara menyalatkan janazah
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara menguburkan janazah
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk k erja
Performan
Uraian

Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan tata cara memandikan janazah!
§  Jelaskan tatacara mengkafani janazah!
§  Jelaskan tatacara menyalatkan janazah!
§  Jelaskan tatacara menguburkan janazah!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah




MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih




SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         4.      Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.          Kompetensi Dasar
         4.2    Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum waris
§  Siswa dapat menjelaskan dasar hukum waris
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§  Siswa dapat menjelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah meningal dunia
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Ketentuan harta si mayat
F.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi harta si mayat (waris)
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari hukum waris.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum waris, macam dan perlengkapannya.
§  Guru mendemontrasikan tentang harta si mayat (Waris)
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan tentang harta si mayat (Waris)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian harta simayat dan peruntukkannya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi Harta si mayat (waris).
§  Guru memberikan tugas untuk mepersiapkan diri/hal-hal yang dibutuhkan untuk praktek pengurusan jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 93 ) Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum waris
§  Siswa dapat menjelaskan dasar hukum waris
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§  Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§  Siswa dapat menjelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah meningal dunia
Tes tulis





Tes lisan
Uraian

Uraian



Uraian
§  Jelaskan pengertian dan hukum waris!

§  Sebutkan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum pembagian harta waris!

§  Jelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah meningal dunia!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                              : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                      :  Fiqih
Kelas/Semester                    :  IX / 2
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         4.      Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.          Kompetensi Dasar
         4.3    Mempraktekkan tatacara pengurusan jenazah
C.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menunjukkan contoh perawatan jenazah.
§  Siswa dapat mendemonstrasikan perawatan jenazah
D.          Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.          Materi Pembelajaran
§  Tatacara pengurusan jenazah
F.          Metode Pembelajaran
§  Role Play ( bermain peran ) : mengilustrasikan dan peka terhadap masalah-masalah sosial dalam peribadatan
G.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  perawatan jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Menunjuk empat siswa/peserta didik yang menjadi ketua kelompok untuk maju kedepan mempraktekkan karakter perawatan jenazah dan ziarah kubur dan siswa/peserta didik dapat meminta beberapa teman kelompoknya untuk membantu pelaksanaan praktek perawatan jenazah dan ziarah kubur
§  Meminta untuk saling bertukar peran berdasarkan karakter masing-masing materi yang di praktekkan
§  Pada saat  mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§  Guru memberitahukan kepada seluruh siswa setelah kegiatan pembelajaran ini selesai untuk belajar yang lebih giat dan membaca seluruh materi pelajaran fikih mulai kelas 7 sampai kelas 9 karena Ulangan Akhir Semester  dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) akan segera dilaksanakan.

10 menit
H.          Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 97 ) ,Alat: Boneka, gunting ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menunjukkan contoh perawatan jenazah.
§  Siswa dapat mendemonstrasikan perawatan jenazah
Unjuk Kerja
Uraian
§  Sebutkan contoh perawatan jenazah!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.      Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,   Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar