Jumat, 25 April 2014

RPP Fikih Kelas 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2013 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            4.    Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat                          
B.             Kompetensi Dasar
4.1          Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
§  Siswa dapat memahami manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Shadaqah, hibah dan hadiah
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shadaqah, hibah, dan hadiah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shadaqah, hibah, dan hadiah
§  Siswa dibagi menjadi tiga kelompok
Kelompok A : pengertian shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
Kelompok B : menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
Kelompok C : manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
Fase Elaborasi
§  Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan kelompok yang lain mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shadaqah, hibah, dan hadiah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 56),Alat: , .Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian Shadaqah, hibah, Hadiah dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
§  Siswa dapat  menjelaskan manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
Tes tulis

Tes lisan
Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian Shadaqah, hibah, Hadiah dan dalilnya!
§  Sebutkan perbedaan antara Shadaqah, Hibah dan Hadiah
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            4.     Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat                            
B.             Kompetensi Dasar
4.2    Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah
C.             Tujuan Pembelajaran
Siswa membiasakan mengeluarkan shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
F.             Praktek Bazis
G.            Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Roley Play (bermain peran) : Metode ini digunakan agar siswa mempunyai pengalaman yang konkrit, menumbuhkan kepekaan sosial, mengekspresikan perasaan, menumbuhkan minat dan motivasi siswa, siswa mampu mengilustrasikan  prinsip-prinsip materi pembelajaran
H.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shadaqah, hibah, dan hadiah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shadaqah, hibah, dan hadiah
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Menetapkan Topik tentang shodaqoh, hibah dan hadiah
§  Tunjuk dua atau 4 orang  siswa untuk memerankan kegiatan shadaqoh, hibah dan hadiah, dilaksankan bergantian kurang lebih 10 – 15 menit
§  Perserta didik yang lain mengamati, mencatat dan mengomentari serta memberikan masukan
§  Guru membimbing, penguatan dan klarifikasi
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shadaqah, hibah, dan hadiah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
I.              Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 62),Alat: , Bahan: LKS, Bahan Presentasi
J.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
Unjuk kerja
Uraian
§  Bagaimanakah cara agar kita bisa membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................









Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   4 x 40 menit (2 Kali pertemuan)
A.            Standar Kompetensi
            5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah                    
B.             Kompetensi Dasar
5.1    Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian haji dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan syarat wajib haji
§  Siswa dapat menjelaskan rukun, wajib dan sunah  haji
§  Siswa dapat menjelaskan rukun dan wajib haji
§  Siswa dapat menjelaskan larangan ibadah haji
§  Siswa dapat memahami tata urutan pelaksanaan ibadah haji
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan syarat sah umrah
§  Siswa dapat memahami tata urutan pelaksanaan umrah
§  Siswa dapat menjelaskan larangan dalam ibadah umrah
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
Haji dan umrah
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah. 
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah
120 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 70),Alat: , Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian haji dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan syarat wajib haji
§  Siswa dapat  menjelaskan rukun, wajib dan sunah  haji
§  Siswa dapat  menjelaskan rukun dan wajib haji
§  Siswa dapat  menjelaskan larangan ibadah haji
§  Siswa dapat  menjelaskan tata urutan pelaksanaan ibadah haji
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan syarat sah umrah
§  Menjelaskan tata urutan pelaksanaan umrah
§  Menjelaskan larangan dalam ibadah umrah
§  Mempraktekkan ibadah umrah
Tes tulis



Tes lisan



Unjuk Kerja
Uraian
§  Jelaskan pengertian haji dan dalilnya!

§  Sebutkan rukun wajib dan sunah  haji!

§  Jelaskan pengertian pengertian umrah dan dalilnya!

§  Sebutkan rukun syarat sah umrah!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah




MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih




SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   4 x 40 menit (2 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
B.             Kompetensi Dasar
5.2          Menjelaskan macam-macam haji
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan tentang haji Ifran
§  Siswa dapat menjelaskan tentang  haji Qiran
§  Siswa dapat menjelaskan tentang  haji Tamatu’
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Haji dan umrah
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah
120 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal:81) ,Alat: , Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  mejelaskan tentang haji Ifran
§  Siswa dapat  menjelaskan haji Qiran
§  Siswa dapat  menjelaskan haji Tamatu’
§  Siswa dapat  membedakan antara haji Ifrad, Qiran dan Tamatu’
Tes tulis

Tes lisan

Unjuk Kerja
Uraian
§  Jelaskan tentang haji Ifran!

§  Jelaskan tentang haji Qiran!

§  Jelaskan tentang haji Tamatu’!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................







Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            5.     Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah                    
B.             Kompetensi Dasar
5.3          Mempraktekkan tatacara ibadah haji dan umrah
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melafalkan do’a manasik haji
§  Siswa dapat memperagakan manasik haji secara berkelompok
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Haji dan umrah
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji dan umrah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan umrah dan tatacaranya.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji dan umrah
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan ibadah haji dan umrah dan tatacaranya
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian ibadah haji dan umrah
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi ibadah haji dan umrah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji dan umrah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 28),Alat: Baju Ihram, Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  melafalkan do’a manasik haji
§  Siswa dapat  mempraktekkan manasik haji secara berkelompok
Unjuk Kerja
Uraian
§  Sebutkan lafal do’a manasik haji!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................







Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman                       
B.             Kompetensi Dasar
6.1          Menjelaskan jenis-jenis  makanan dan minuman  halal
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan dan minuman halal
§  Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal.
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Makanan dan minuman halal
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 92),Alat: , gelas, piring ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian makanan dan minuman halal
§  Siswa dapat  menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal.
§  Siswa dapat  menyebutkan cara memperoleh makanan dan minuman yang halal
§  Siswa dapat  menunjukkan manfaat makanan dan minuman yang halal
§  Siswa dapat  menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang halal
Unjuk Kerja
Uraian
§  Jelaskan pengertian makanan dan minuman halal!


§  Sebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang halal!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman                       
B.             Kompetensi Dasar
6.2          Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan  minuman halal
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan halal
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Makanan dan minuman halal
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Masa Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. 
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 93),Alat: , gelas, piring ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menyebutkan manfaat mengkonsumsi makanan halal
§  Siswa dapat  menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan halal
Unjuk Kerja
Uraian
§  Sebutkan manfaat mengkonsumsi makanan halal!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................









Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman                       
B.             Kompetensi Dasar
6.3          Menjelaskan  jenis-jenis makanan dan minuman  haram
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan menjelaskan pengertian makanan dan minuman haram
§  Siswa dapat menjelaskan menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram.
§  Siswa dapat menjelaskan menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang haram
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Makanan dan minuman haram
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. 
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits, Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 95), Alat: , gelas, piring , Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian makanan dan minuman haram
§  Siswa dapat  menyebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram.
§  Siswa dapat  menyebutkan cara memperoleh makanan dan minuman yang haram
§  Siswa dapat  menunjukkan manfaat makanan dan minuman yang haram
§  Siswa dapat  menjelaskan dasar-dasar hukum makanan yang haram
Tes tulis



Tes lisan



Unjuk Kerja
Uraian
§  Jelaskan pengertian makanan dan minuman haram!
§  Sebutkan jenis – jenis makanan dan minuman yang haram!
§  Sebutkan manfaat makanan dan minuman yang haram!


J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman                       
B.             Kompetensi Dasar
6.4          Menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram
§  Siswa dapat menunjukkan contoh makanan dan minuman haram
§  Siswa dapat menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Makanan dan minuman haram
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hukum Islam tentang makanan dan minuman
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar hukum Islam tentang makanan dan minuman.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum Islam tentang makanan dan minuman. 
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan hukum Islam tentang makanan dan minuman
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi hukum Islam tentang makanan dan minuman.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hukum Islam tentang makanan dan minuman untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits, Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 98), Alat: , gelas, piring , Bahan: LKS, Bahan Presentasi, miras
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menyebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram
§  Siswa dapat  menunjukkan contoh makanan dan minuman haram
§  Siswa dapat  menjelaskan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman haram
Tes tulis



Tes lisan
Uraian
§  Sebutkan bahayanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram!


§  Sebutkan contoh makanan dan minuman haram!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
Madrasah                                          :   MTs DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                                 :   Fiqih
Kelas/Semester                               :   VIII / 2
Alokasi Waktu                                  :   2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.            Standar Kompetensi
            6.     Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman                       
B.             Kompetensi Dasar
6.5          Menjelaskan jenis-jenis  binatang yang halal dan haram dimakan
C.             Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang halal dimakan
§  Siswa dapat menjelaskan jenis binatang yang haram dimakan
§  Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri binatang yang haram dimakan
D.            Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.             Materi Pembelajaran
§  Binatang halal dan haram
F.             Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang binatang yang halal dan haram dimakan
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.            Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi binatang yang halal dan haram dimakan
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar binatang yang halal dan haram dimakan.
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang binatang yang halal dan haram dimakan
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan binatang yang halal dan haram dimakan
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang pengertian binatang yang halal dan haram dimakan
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi binatang yang halal dan haram dimakan.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian binatang yang halal dan haram dimakan untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.            Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Sumber: Al Qur’an terjemahan dan hadits,Buku  acuan Paket Fikih Kemenag( Penerapan Fikih , T. Ibrani – H. Darsono Hal: 96),Alat: , gelas, piring ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, daging yang haram
I.              Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan jenis binatang yang halal dimakan
§  Siswa dapat  menjelaskan jenis binatang yang haram dimakan
§  Siswa dapat  menjelaskan ciri-ciri binatang yang haram dimakan
Tes tulis



Tes lisan
Uraian
§  Sebutkan jenis binatang yang halal dimakan!
§  Sebutkan jenis binatang yang haram dimakan!
J.         Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.        Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH.


Japah,    Juli 2012.
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar