RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jum’at
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat Jum’at dan dalilnya
§ Siswa dapat syarat rukun shalat Jum’at
§ Siswa dapat syarat rukun khutbah Jum’at
§ Siswa dapat menjelaskan sunah shalat Jum’at
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas
( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tata cara shalat Jum’at
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Team Quiz (pertanyaan
Kelompok): Metode ini untuk
meningkatkan kemampuan untuk bertanggung jawab dalam kegiatan/pembelajara yang
berkenaan dengan materi shalat dan khutbah Jum’at
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat
dan khutbah Jum’at
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat dan khutbah
Jum’at
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat dan khutbah
Jum’at
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat dan khutbah
Jum’at.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat dan khutbah
Jum’at
Fase Elaborasi
§ Memilih Topik menjadi (4)
empat bagian :
A. Pengertian shalat Jum’at dan dalilnya
B. syarat rukun shalat Jum’at
C. syarat rukun khutbah Jum’at
D. sunah shalat Jum’at
§ Membagi peserta didik
dibagi menjadi empat kelompok ( A, B, C dan D ), perkelompok kurang lebih 5
s/d 10 peserta didik
§ Peserta didik/Kelompok
lewat perwakilan presentase maksimal 10 menit
§ Team A menyiapkan
Quiz/Pertanyaan dengan jawaban singkat, Team B, C, dan D memanfaatkan untuk
meninjau ulang catatan mereka.
§ Team A menguji anggota
team B, jika team B tidak bisa menjawab, team C di beri kesempatan dan
seterusnya,
§ Team A selesai dilanjutkan
ke team B sebagai pemimpin Quiz dan seterusnya
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat
dan khutbah Jum’at sementara yang lain memperhatikan dan mencatat
mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat dan khutbah Jum’at dan
tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 80),LKS,Lembar
observasi ,Lembar penilaian,Teks khutbah Jum’at
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan
dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat rukun shalat Jum’at.
§ Siswa dapat menjelaskan syarat rukun khutbah Jum’at
§
Siswa dapat
menjelaskan sunah shalat Jum’at
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dalilnya!
§ Jelaskan syarat rukun shalat Jum’at!
§ Jelaskan syarat rukun khutbah Jum’at!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
B.
Kompetensi Dasar
5.2 Mempraktekkan khutbah
dan shalat Jum’at
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memperagakan
cara shalat dan khutbah Jum’at secara
berkelompok
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tata cara shalat Jum’at
F.
Metode Pembelajaran
§ Role Play (bermain peran): tujuannya
-
Mendapatkan pengalaman konkrit mengenai khutbah jum’ah
dan Shalat jum’at
-
Mengilustrasikan prinsip-prinsip khutbah dan shalat
jum’at
-
Menumbuhkan minat dan motivasi belajar
-
Mengekspresikan perasaan yang tersembunyi
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat dan khutbah
Jum’at
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat dan khutbah
Jum’at
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat dan khutbah
Jum’at
Fase Elaborasi
§ Membagi siswa menjadi t 3
(tiga) kelompok shalat
dan khutbah Jum’at
§ Menunjuk 3 siswa/peserta
didik ( 1 siswa per kelompok) untuk berperan sebagai Imam, khotib, dan
muadzin
§ Meminta ketiganya untuk
bertukar peran
§ Apabila sudah mencapai
puncak/dirasa sudah cukup kegiatan di hentikan
§ Pada saat perwakilan
kelompok mendemonstrasikan tatacara shalat dan khutbah Jum’at sementara yang lain memperhatikan dan mencatat
mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat jenazah
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 85),Lembar penilaian
§ Teks khutbah Jum’at
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat
mempraktikkan cara shalat
dan khutbah Jum’at
|
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara cara shalat
dan khutbah Jum’at!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
B.
Kompetensi Dasar
5.3 Menjelaskan ketentuan shalat Jenazah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan
dalilnya
§ Siswa dapat syarat
dan rukun shalat jenazah
§ Siswa dapat pengertian
shalat ghaib
§ Siswa dapat melafalkan bacaan shalat
jenazah dilanjutkan mengafalkan
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas
( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat jenazah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat Jenazah
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat Jenazah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat Jenazah
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat Jenazah
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat Jenazah sementara yang
lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil
kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat Jenazah dan
tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian literatur
bacaan-bacaan shalat jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 86),VCD perawatan jenazah,Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
§
Siswa dapat
menjelaskan pengertian shalat
ghaib
|
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan
dalilnya!
§ Jelaskan syarat dan rukun
shalat jenazah!
§ Jelaskan pengertian pengertian shalat ghaib
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
B.
Kompetensi Dasar
5.4 Menghafal bacaan-bacaan shalat Jenazah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat melafalkan bacaan shalat
jenazah secara bersama
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat jenazah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Reading aloud (Strategi
Membaca dengan keras) : Metode ini digunakan untuk merangsang siswa/peserta
didik memfokuskan perhatian secara mental guna pemusatan perhatian pada materi
pelajaran.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat Jenazah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat Jenazah
Fase Elaborasi
§ Siswa menyiapkan LKS yang
berkenaan dengan bacaan shalat jenazah
§ Siswa secara bersama
membaca bacaan/niat shalat jenazah sampai salam, dilanjutkan siswa membaca
bacaan shalat jenazah satu persatu (per siswa secara bergantian)
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat
Jenazah sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat Jenazah dan tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari bagan shalat
jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 89),Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah
dilanjutkan menghafalkan
|
Tes lisan
|
Uraian
|
§ Sebutkan bacaan shalat
jenazah!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
B.
Kompetensi Dasar
5.5 Mempraktekkan shalat jenazah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memperagakan
cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat jenazah
F.
Metode Pembelajaran
§ Role Play (bermain peran): tujuannya
-
Mendapatkan pengalaman konkrit mengenai khutbah jum’ah
dan Shalat jum’at
-
Mengilustrasikan prinsip-prinsip khutbah dan shalat
jum’at
-
Menumbuhkan minat dan motivasi belajar
-
Mengekspresikan perasaan yang tersembunyi
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat Jenazah
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat Jenazah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
Fase Elaborasi
§ Mengelompokkan peserta
didik menjadi 2 (dua) kelompok
§ Menunjuk 2 siswa/peserta
didik untuk mempraktekkan shalat jenazah (maju ke depan) yang satu sebagai imam dan yang
kedua sebagai makmum (perwakilan kelompok perkelompok mengirim satu
wakil/siswa/peserta didik)
§ Siswa bertukar peran
§ Menghentikan kegiatan
karena sudah cukup
§ Pada saat
siswa mendemonstrasikan tatacara shalat Jenazah sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat Jenazah dan tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian jamak dan qosor
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 91),Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat mempraktikkan tata cara shalat jenazah
|
Penugasan
Performan
|
Uraian
|
§ Jelaskan tata cara shalat
jenazah!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
6. Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.
Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan ketentuan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat jama’
§ Siswa dapat menjelaskan
macam-macam shalat jama’
§ Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh dijama’
§ Siswa dapat menjelaskan syarat shalat jama’
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat qashar.
§ Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh diqashar
§ Siswa dapat mengemukakan syarat shalat qashar
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat jama’ qashar.
§ Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
§ Siswa dapat mengemukakan syarat shalat jama’ qashar
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat jama’,qashar dan jama’ qashar
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Team Quiz (kerja kelompok): untuk meningkatkkan kemampuan dan tanggung jawab peserta
didik
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat jama’, qashar dan jama’ qashar.
Fase Elaborasi
§ Membagi peserta didik
menjadi empat (4) kelompok/Team dan menjelaskan cara bermain Quiz
§ Meminta Team A untuk
menyiapkan Quiz yang berisi jawaban singkat, sementara Team yang lainnya juga
meluangkan waktu untuk mempelajari materi dan menyiapkan Quiz untuk meninjau
lagi catatannya
§ Team A menguji Team B,
jika team B tidak bisa dilanjutkan ke Team selanjutnya
§ Quiz Team A selesai
dilanjutkan Team B untuk memimpin Quiz, dan begitu selanjutnya
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat jama’,
qashar dan jama’
qashar dan
tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat jama’, qashar dan jama’
qashar dan tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mempersiapkan diri
menghafal bacaan/niat dan tata cara
shalat jamak dan qasar untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 100),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu
masalah
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat jama’.
§ Siswa dapat menjelaskan
macam-macam shalat jama’
§ Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh dijama’
§ Siswa dapat mengemukakan syarat shalat jama’
Mendemonstrasikan cara shalat jama’
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat qashar.
§ Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh diqashar
§ Siswa dapat mengemukakan syarat shalat qashar
§ Siswa dapat
mendemonstrasikan tata cara shalat qashar
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat jama’ qashar.
§ Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
§ Siswa dapat mengemukakan syarat shalat jama’ qashar
§
Siswa dapat mendemonstrasikan cara shalat jama’
|
Tes tulis
Tes lisan
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat
jama’!
§ Jelaskan macam-macam shalat
jama’!
§ Sebutkan syarat shalat
jama’ Mendemonstrasikan cara shalat jama’!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
6. Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat
dalam keadaan darurat
B.
Kompetensi Dasar
6.2 Mempraktekkan shalat
jama’, qashar dan jama’ qashar
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memperagakan
cara shalat jama’ dan qashar
berdasarkan undian secara berkelompok
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat jama’,qashar dan jama’ qashar
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat jama’, qashar dan jama’
qashar
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Ekplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat jama’, qashar dan jama’ qashar.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat jama’, qashar dan jama’
qashar
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat jama’,
qashar dan jama’
qashar
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat jama’,
qashar dan jama’
qashar dan
tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat jama’, qashar dan jama’
qashar dan tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat jama’, qashar dan jama’
qashar dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 104),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu
masalah
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat mempraktekkan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
|
Performan
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara shalat jama’, qashar dan jama’ qashar!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
6. Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.
Kompetensi Dasar
6.3 Menjelaskan ketentuan shalat
dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan tata cara
shalat dalam keadaan sakit
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat dalam
keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat dalam keadaan darurat
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat dalam keadaan darurat
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat dalam
keadaan darurat
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat
dalam keadaan darurat.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat
dalam keadaan darurat
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat dalam keadaan
darurat
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat dalam keadaan darurat
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 106),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu
masalah
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian
shalat dalam keadaan darurat dan
dalilnya.
§ Siswa dapat mengemukakan
tata cara shalat dalam keadaan
sakit
§ Siswa dapat membedakan
cara shalat dalam keadaan sakit
dengan duduk, berbaring miring dan terlentang
§
Siswa dapat menjelaskan tata cara shalat dalam kendaraan
|
Tugas Individu
Ulangan harian
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat
dalam keadaan darurat dan dalilnya!
§ Jelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit!
§ Jelaskan tatacara shalat dalam kendaraan!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
6. Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.
Kompetensi Dasar
6.4 Mempraktekkan shalat
dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memperagakan Memperagakan shalat dalam keadaan darurat ketika
sedang sakit dan di kendaraan
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat dalam
keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat dalam keadaan darurat
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat dalam keadaan darurat
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat dalam
keadaan darurat
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat
dalam keadaan darurat.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat
dalam keadaan darurat
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat dalam keadaan
darurat
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat dalam keadaan darurat
sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting
dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dalam keadaan darurat dan
tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 110),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu
masalah
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat
mendemonstrasikan cara shalat dalam keadaan sakit dan dalam
kendaraan.
§
Siswa dapat mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
Tugas Individu
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan
di kendaraan!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunah muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
§ Siswa dapat menunjukkan dalil tentang shalat sunnah rawatib
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tatacara shalat sunnah muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 120),Lembar penilaian,LKS,
§ Kartu soal
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat sunnah rawatib
§
Siswa dapat menunjukkan dalil tentang shalat sunnah rawatib
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat
sunnah rawatib!
§ Sebutkan dalil tentang shalat sunnah rawatib!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.2 Menjelaskan macam-macam shalat sunah muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menunjukkan macam
-macam shalat sunnah rawatib
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tatacara shalat sunnah muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§
Salah seorang siswa
mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 121),Lembar penilaian,LKS,
§ Kartu soal
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat
megidentifikasi macam -macam shalat
sunnah rawatib
§ Siswa dapat menjelaskan
bilangan shalat rawatib
§ Siswa dapat membandingkan shalat sunnah rawatib
yang muakkad dan ghoiru muakkad
§
Siswa dapat menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Sebutkan macam -macam shalat sunnah rawatib!
§ Sebutkan bilangan shalat rawatib!
§ Jelaskan keutamaan shalat
sunnah rawatib!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.3 Mempraktekkan shalat sunah muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memperagakan
shalat sunnah rawatib melalui
pemodelan
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tatacara shalat sunnah muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 127),Lembar penilaian,LKS,Kartu
soal
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
|
Performan
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.4 Menjelaskan ketentuan shalat sunah ghoiru muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
§ Siswa dapat menyebutkan macam macam shalat sunnah ghoiru muakkad
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Shalat sunah
ghoiru muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara
yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil
kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
.- Buku
Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 128)- Lembar penilaian- LKS,l
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
||||
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
§ Siswa dapat
mengidentifikasi macam macam shalat sunnah ghoiru muakkad
§
Siswa dapat mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
|
Tes lisan
Tes unjuk kerja
Performan
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian shalat
sunnah ghoiru muakkad!
§ Jelaskan tatacara cara shalat
sunnah rawatib yang muakkad
dan ghoiru muakkad!
|
||||
|
|
|
|||||
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.5 Menjelaskan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam macam shalat sunnah ghairu muakkad lalu melakukan
pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
§ Siswa dapat menyebutkan waktu pelaksanaan shalat macam-macam shalat
sunnah ghairu muakkad
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Macam-macam
shalat sunnah ghairu muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 128),Lembar penilaian,LKS,
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam shalat
sunnah ghairu muakkad
§ Siswa dapat menunjukkan
waktu pelaksanaan macam-macam shalat
sunnah ghairu muakkad
§ Siswa dapat menghafallkan do’a macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
§
Siswa dapat menunjukkan waktu pelaksanaan shalat macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan waktu pelaksanaan
macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad!
§ Sebutkan do’a macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
MTs :
DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.
Kompetensi Dasar
7.6 Mempraktikkan shalat
sunnah ghairu muakkad
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat Memperagakan shalat sunnah ghairu muakkad
D.
Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tatacara Mempraktikkan shalat
sunnah ghairu muakkad
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan
ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Diskusi: Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan wudhu’’ dan tentang
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§ Pameran bagan dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi
shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang
tatacaranya.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ Buku Paket Fikih Kelas VII (
Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 131),Lembar penilaian,LKS,Kartu
soal
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat
mendemonstrasikan shalat sunnah ghairu muakkad
§
Siswa dapat mempraktikkan shalat sunnah ghairu muakkad
|
Tugas Individu
Ulangan harian
Tes unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Jelaskan tatacara shalat sunnah ghairu muakkad!
§ Jelaskan tatacara shalat sunnah ghairu muakkad!
|
J. Pedoman Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah,
Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar