Jumat, 25 April 2014

RPP Mapel Fikih Kelas 7 Semester Genap Tahun 2013 2014






                                                     
                               RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       5.      Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
B.      Kompetensi Dasar
       5.1     Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jum’at
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dalilnya
§  Siswa dapat syarat rukun shalat Jum’at
§  Siswa dapat syarat rukun khutbah Jum’at
§  Siswa dapat menjelaskan sunah shalat Jum’at
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),      Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tata cara shalat Jum’at
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Team Quiz (pertanyaan Kelompok): Metode ini untuk meningkatkan kemampuan untuk bertanggung jawab dalam kegiatan/pembelajara yang berkenaan dengan materi shalat dan khutbah Jum’at
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat dan khutbah Jum’at
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat dan khutbah Jum’at
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat dan khutbah Jum’at
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat dan khutbah Jum’at.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat dan khutbah Jum’at
Fase Elaborasi
§  Memilih Topik menjadi (4) empat bagian :
A.   Pengertian shalat Jum’at dan dalilnya
B.   syarat rukun shalat Jum’at
C.   syarat rukun khutbah Jum’at
D.   sunah shalat Jum’at
§  Membagi peserta didik dibagi menjadi empat kelompok ( A, B, C dan D ), perkelompok kurang lebih 5 s/d 10 peserta didik
§  Peserta didik/Kelompok lewat perwakilan presentase maksimal 10 menit
§  Team A menyiapkan Quiz/Pertanyaan dengan jawaban singkat, Team B, C, dan D memanfaatkan untuk meninjau ulang catatan mereka.
§  Team A menguji anggota team B, jika team B tidak bisa menjawab, team C di beri kesempatan dan seterusnya,
§  Team A selesai dilanjutkan ke team B sebagai pemimpin Quiz dan seterusnya
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat dan khutbah Jum’at sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 80),LKS,Lembar observasi ,Lembar penilaian,Teks khutbah Jum’at
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan syarat rukun shalat Jum’at.
§  Siswa dapat  menjelaskan syarat rukun khutbah Jum’at
§  Siswa dapat  menjelaskan sunah shalat Jum’at
Tes lisan

Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Uraian

Uraian
Uraian
§  Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dalilnya!
§  Jelaskan syarat rukun shalat Jum’at!
§  Jelaskan syarat rukun khutbah Jum’at!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       5.      Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
B.      Kompetensi Dasar
       5.2     Mempraktekkan khutbah dan shalat Jum’at
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memperagakan cara shalat dan khutbah Jum’at secara berkelompok
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ),    Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tata cara shalat Jum’at
F.      Metode Pembelajaran
§  Role Play (bermain peran): tujuannya
-             Mendapatkan pengalaman konkrit mengenai khutbah jum’ah dan Shalat jum’at
-             Mengilustrasikan prinsip-prinsip khutbah dan shalat jum’at
-             Menumbuhkan minat dan motivasi belajar
-             Mengekspresikan perasaan yang tersembunyi
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat dan khutbah Jum’at
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat dan khutbah Jum’at
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat dan khutbah Jum’at
Fase Elaborasi
§  Membagi siswa menjadi t 3 (tiga)  kelompok shalat dan khutbah Jum’at
§  Menunjuk 3 siswa/peserta didik ( 1 siswa per kelompok) untuk berperan sebagai Imam, khotib, dan muadzin
§  Meminta ketiganya untuk bertukar peran
§  Apabila sudah mencapai puncak/dirasa sudah cukup kegiatan di hentikan
§  Pada saat perwakilan kelompok mendemonstrasikan tatacara shalat dan khutbah Jum’at sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat dan khutbah Jum’at dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 85),Lembar penilaian
§  Teks khutbah Jum’at
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  mempraktikkan cara shalat dan khutbah Jum’at
Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan tatacara cara shalat dan khutbah Jum’at!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       5.      Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
B.      Kompetensi Dasar
       5.3     Menjelaskan ketentuan shalat Jenazah
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya
§   Siswa dapat syarat dan rukun shalat jenazah
§  Siswa dapat pengertian shalat ghaib
§  Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah dilanjutkan mengafalkan
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) ,         Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),   Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat jenazah
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat Jenazah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat Jenazah
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat Jenazah
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat Jenazah
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat Jenazah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat Jenazah dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian literatur bacaan-bacaan shalat jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 86),VCD perawatan jenazah,Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya 
§  Siswa dapat  menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian shalat ghaib
Tes tulis

Penugasan

Tes unjuk kerja
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya!
§  Jelaskan syarat dan rukun shalat jenazah!
§  Jelaskan pengertian pengertian shalat ghaib
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       5.      Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
B.      Kompetensi Dasar
       5.4     Menghafal bacaan-bacaan shalat Jenazah
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah secara bersama
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat jenazah
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Reading aloud (Strategi Membaca dengan keras) : Metode ini digunakan untuk merangsang siswa/peserta didik memfokuskan perhatian secara mental guna pemusatan perhatian pada materi pelajaran.
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat Jenazah
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat Jenazah
Fase Elaborasi
§  Siswa menyiapkan LKS yang berkenaan dengan bacaan shalat jenazah
§  Siswa secara bersama membaca bacaan/niat shalat jenazah sampai salam, dilanjutkan siswa membaca bacaan shalat jenazah satu persatu (per siswa secara bergantian)
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat Jenazah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat Jenazah dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari bagan shalat jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 89),Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah dilanjutkan menghafalkan
Tes lisan
Uraian
§  Sebutkan bacaan shalat jenazah!
J.     Pedoman Penskoran :
Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal
K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       5.      Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
B.      Kompetensi Dasar
       5.5   Mempraktekkan shalat jenazah
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memperagakan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat jenazah
F.      Metode Pembelajaran
§  Role Play (bermain peran): tujuannya
-             Mendapatkan pengalaman konkrit mengenai khutbah jum’ah dan Shalat jum’at
-             Mengilustrasikan prinsip-prinsip khutbah dan shalat jum’at
-             Menumbuhkan minat dan motivasi belajar
-             Mengekspresikan perasaan yang tersembunyi
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat Jenazah
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat Jenazah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat Jenazah
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat Jenazah.
Fase Elaborasi
§  Mengelompokkan peserta didik menjadi 2 (dua) kelompok
§  Menunjuk 2 siswa/peserta didik untuk mempraktekkan shalat jenazah (maju ke depan) yang satu sebagai imam dan yang kedua sebagai makmum (perwakilan kelompok perkelompok mengirim satu wakil/siswa/peserta didik)
§  Siswa bertukar peran
§  Menghentikan kegiatan karena sudah cukup
§  Pada saat siswa mendemonstrasikan tatacara shalat Jenazah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat Jenazah dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat Jenazah dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian jamak dan qosor untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 91),Kain kafan,Lembar penilaian ,LKS
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mempraktikkan tata cara shalat jenazah
Penugasan
Performan
Uraian
§  Jelaskan tata cara shalat jenazah!
J.       Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       6.      Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.      Kompetensi Dasar
       6.1     Menjelaskan ketentuan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jama’
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam shalat jama’
§  Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh dijama’
§  Siswa dapat menjelaskan syarat shalat jama’
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat qashar.
§  Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh diqashar
§  Siswa dapat mengemukakan syarat shalat qashar
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jama’ qashar.
§  Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
§  Siswa dapat mengemukakan syarat shalat  jama’ qashar
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat jama’,qashar dan jama’ qashar
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Team Quiz (kerja kelompok): untuk meningkatkkan kemampuan dan tanggung jawab peserta didik
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar.
Fase Elaborasi
§  Membagi peserta didik menjadi empat (4) kelompok/Team dan menjelaskan cara bermain Quiz
§  Meminta Team A untuk menyiapkan Quiz yang berisi jawaban singkat, sementara Team yang lainnya juga meluangkan waktu untuk mempelajari materi dan menyiapkan Quiz untuk meninjau lagi catatannya
§  Team A menguji Team B, jika team B tidak bisa dilanjutkan ke Team selanjutnya
§  Quiz Team A selesai dilanjutkan Team B untuk memimpin Quiz, dan begitu selanjutnya
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mempersiapkan diri menghafal bacaan/niat  dan tata cara shalat jamak dan qasar  untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 100),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu masalah
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jama’.
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam shalat jama’
§  Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh dijama’
§  Siswa dapat mengemukakan syarat shalat jama’ Mendemonstrasikan cara shalat jama’
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat qashar.
§  Siswa dapat menunjukkan shalat yang boleh diqashar
§  Siswa dapat mengemukakan syarat shalat qashar
§  Siswa dapat mendemonstrasikan tata cara shalat qashar
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jama’ qashar.
§  Siswa dapat menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
§  Siswa dapat mengemukakan syarat shalat  jama’ qashar
§  Siswa dapat mendemonstrasikan cara shalat jama’
Tes tulis

Tes lisan

Penugasan

Performan

Tes unjuk kerja
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian shalat jama’!

§  Jelaskan macam-macam shalat jama’!

§  Sebutkan syarat shalat jama’ Mendemonstrasikan cara shalat jama’!

J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       6.      Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat   dalam keadaan darurat
B.      Kompetensi Dasar
       6.2     Mempraktekkan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memperagakan cara shalat jama’ dan qashar berdasarkan undian secara berkelompok
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat jama’,qashar dan jama’ qashar
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Ekplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat jama’, qashar dan  jama’ qashar dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 104),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu masalah
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mempraktekkan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
Performan
Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan tatacara shalat jama’, qashar dan jama’ qashar!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal


K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       6.      Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.      Kompetensi Dasar
       6.3     Menjelaskan ketentuan  shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
§  Siswa dapat menjelaskan tata cara shalat dalam keadaan sakit
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat dalam keadaan darurat
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat dalam keadaan darurat
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat dalam keadaan darurat
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat dalam keadaan darurat.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat dalam keadaan darurat
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat dalam keadaan darurat
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat dalam keadaan darurat sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 106),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu masalah
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya.
§  Siswa dapat mengemukakan tata cara shalat dalam keadaan sakit
§  Siswa dapat membedakan cara shalat dalam keadaan sakit dengan duduk, berbaring miring dan terlentang
§  Siswa dapat menjelaskan tata cara shalat dalam kendaraan
Tugas Individu


Ulangan harian


Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya!
§  Jelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit!
§  Jelaskan tatacara shalat dalam kendaraan!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal


K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       6.      Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor’, dan jama’ qoshor’ serta sholat dalam keadaan darurat
B.      Kompetensi Dasar
       6.4     Mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memperagakan Memperagakan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat dalam keadaan darurat
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat dalam keadaan darurat
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat dalam keadaan darurat
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat dalam keadaan darurat.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat dalam keadaan darurat
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat dalam keadaan darurat
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat dalam keadaan darurat sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat dalam keadaan darurat dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 110),Lembar observasi,Lembar penilaian,LKS,Kartu masalah
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mendemonstrasikan cara  shalat dalam keadaan sakit dan dalam kendaraan.
§  Siswa dapat mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Tugas Individu


Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan tatacara shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal


K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.1     Menjelaskan ketentuan shalat sunah muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
§  Siswa dapat menunjukkan dalil tentang shalat sunnah rawatib
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tatacara shalat sunnah muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 120),Lembar penilaian,LKS,
§  Kartu soal
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
§  Siswa dapat menunjukkan dalil tentang shalat sunnah rawatib
Tes tulis

Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan pengertian shalat sunnah rawatib!
§  Sebutkan dalil tentang shalat sunnah rawatib!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal


K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.2     Menjelaskan macam-macam shalat sunah muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menunjukkan  macam -macam shalat sunnah rawatib
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tatacara shalat sunnah muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :           
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 121),Lembar penilaian,LKS,
§  Kartu soal
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat megidentifikasi macam -macam shalat sunnah rawatib
§  Siswa dapat menjelaskan bilangan shalat rawatib
§  Siswa dapat membandingkan shalat sunnah rawatib yang  muakkad dan ghoiru muakkad
§  Siswa dapat menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib
Tes lisan

Tes tulis
Tes unjuk kerja
Uraian
§  Sebutkan macam -macam shalat sunnah rawatib!
§  Sebutkan bilangan shalat rawatib!
§  Jelaskan keutamaan shalat sunnah rawatib!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal


K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.3     Mempraktekkan shalat sunah muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memperagakan shalat sunnah rawatib melalui pemodelan
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tatacara shalat sunnah muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad. 
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 127),Lembar penilaian,LKS,Kartu soal
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
Performan

Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan tatacara cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal
K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.4     Menjelaskan ketentuan shalat sunah ghoiru muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
§  Siswa dapat menyebutkan macam macam  shalat sunnah ghoiru muakkad
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Shalat sunah ghoiru muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.     Sumber belajar dan media pembelajaran
.- Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 128)- Lembar penilaian- LKS,l
I.      Penilaian

Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
§  Siswa dapat mengidentifikasi macam macam  shalat sunnah ghoiru muakkad
§  Siswa dapat mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
Tes lisan

Tes unjuk kerja

Performan
Uraian
§  Jelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad!

§  Jelaskan tatacara cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad!












J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.5     Menjelaskan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam macam shalat sunnah ghairu muakkad lalu melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
§  Siswa dapat menyebutkan waktu pelaksanaan shalat macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
20 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 128),Lembar penilaian,LKS,
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
§  Siswa dapat menunjukkan waktu pelaksanaan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
§  Siswa dapat menghafallkan do’a macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
§  Siswa dapat menunjukkan waktu pelaksanaan shalat macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk kerja
Uraian



Uraian
§  Jelaskan waktu pelaksanaan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad!
§  Sebutkan do’a macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )
MTs                              : DIPONEGORO JAPAH
Mata Pelajaran                : Fiqih
Kelas/Semester               : VII / 2
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.      Standar Kompetensi
       7.      Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
B.      Kompetensi Dasar
       7.6     Mempraktikkan shalat sunnah ghairu muakkad
C.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Memperagakan shalat sunnah ghairu muakkad
D.      Karakter siswa yang diharapkan  :  
§  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )
E.      Materi Pembelajaran
§  Tatacara Mempraktikkan shalat sunnah ghairu muakkad
F.      Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad.
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Fase Elaborasi
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
§  Pameran bagan dan saling mengomentari
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§  Penguatan tentang shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
H.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket Fikih Kelas VII ( Penerapan Fikih : T.Ibrahim-H.Darsono: hal. 131),Lembar penilaian,LKS,Kartu soal
I.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat mendemonstrasikan shalat sunnah ghairu muakkad
§  Siswa dapat mempraktikkan shalat sunnah ghairu muakkad
Tugas Individu
Ulangan harian
Tes unjuk kerja
Uraian
§  Jelaskan tatacara shalat sunnah ghairu muakkad!
§  Jelaskan tatacara shalat sunnah ghairu muakkad!
J.     Pedoman Penskoran :

Nilai=
Jawaban Benar
X
100
Jumlah Soal

K.     Catatan Guru/Supervisor/Kepala Madrasah :

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah





MUSTARI, SH


Japah,    Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih





SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd







Tidak ada komentar:

Posting Komentar