RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di
luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara pinjam meminjam
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Pinjam meminjam
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Role Play ( Bermain Peran) : memerankan karakter pinjam meminjam untuk mengekspresikan perasaan yang
tersembunyi dan keperkaan terhadap masalah-masalah sosial mengenaio pinjam
meminjam
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi pinjam meminjam
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar pinjam
meminjam dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang pinjam
meminjam.
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang pinjam meminjam dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§ Tunjuk 2/atau3 siswa/peserta didik maju ke depan untuk
memerankan karakter pinjam meminjam
§ Meminta 2/atau 3 siswa/peserta didik yang maju ke depan
untuk bertukar peran
§ Hentikan role play apabila telah mencapai puncak yang
tinggi/dirasa sudah cukup
§ sementara
pada saat peserta didik yang maju memerankan
karakternya masing-masing yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat
pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
§
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian pinjam meminjam
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi pinjam meminjam.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian utang piutang, gadai, dan borg untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 54 ),Alat:
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara
pinjam meminjam
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam!
§
sebutkan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara pinjam meminjam!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di
luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan ketentuan utang piutang, gadai dan borg
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian utang piutang, gadai dan borg
§ Siswa dapat menjelaskan dasar hukum utang piutang, gadai dan borg
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Utang piutang, gadai dan borg
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang utang piutang, gadai dan borg
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi utang piutang, gadai dan borg
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar utang piutang, gadai dan borg dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang utang piutang, gadai dan borg.
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang utang
piutang, gadai dan borg dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan utang
piutang, gadai dan borg dan tatacaranya
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari
§ Salah
seorang siswa mempraktekkan utang
piutang, gadai dan borg sementara yang lain memperhatikan
dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian utang
piutang, gadai dan borg (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi utang piutang, gadai
dan borg.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian upah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 57 )
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian utang piutang, gadai
dan borg
§
Siswa dapat menjelaskan dasar hukum utang
piutang, gadai dan borg
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan ketentuan dalam pinjam meminjam!
§
Jelaskan pengertian utang piutang,
gadai dan borg!
§
Jelaskan dasar hukum utang piutang,
gadai dan borg!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli
2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 1 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di
luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan ketentuan
upah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan upah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib
dalam cara ketentuan upah
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Ketentuan upah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang upah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi upah
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar upah dan tatacaranya yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang upah.
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang upah dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan upah dan tatacaranya
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari
§ Salah
seorang siswa mempraktekkan upah sementara yang lain memperhatikan dan
mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian upah
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi upah.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 63 ) ,Alat:
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan ketentuan upah
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam cara ketentuan upah
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan ketentuan upah!
§
Sebutkan hal-hal yang disunatkan dan
wajib dalam cara ketentuan upah!
|
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami muamalah di luar jual beli
B.
Kompetensi Dasar
3.4 Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam
meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib
dalam pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
F.
Metode Pembelajaran
J.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Role Play ( Bermain Peran) : memerankan karakter pinjam meminjam untuk mengekspresikan perasaan yang
tersembunyi dan keperkaan terhadap masalah-masalah sosial mengenaio pinjam
meminjam
K.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi pinjam meminjam
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar
pinjam meminjam dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang pinjam
meminjam. utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang pinjam meminjam utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
Fase Elaborasi
§ Tunjuk 2/atau3 siswa/peserta didik maju ke depan untuk
memerankan karakter pinjam meminjam utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
§ Meminta 2/atau 3 siswa/peserta didik yang maju ke depan
untuk bertukar peran
§ Hentikan role play apabila telah mencapai puncak yang
tinggi/dirasa sudah cukup
§ sementara
pada saat peserta didik yang maju memerankan
karakternya masing-masing yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok
penting dari hasil kegiatan pengamatan
§
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian pinjam meminjam
|
20 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi pinjam meminjam.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari literatur tentang pengurusan jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 64 ),Alat:. Boneka, gunting,Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah
§
Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam
pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah
|
Unjuk kerja
Performan
|
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan pelaksanaan pinjam meminjam, utang
piutang, gadai dan borg serta pemberian upah!
§
Jelaskan hal-hal yang disunatkan dan wajib dalam pelaksanaan pinjam meminjam,
utang piutang, gadai dan borg serta
pemberian upah!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.
Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan
ketentuan tentang pengurusan
jenazah, ta’ziyah dan ziarah kubur
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan janazah
§ Siswa dapat menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§ Siswa dapat tatacara menjelaskan menyalatkan janazah
§ Siswa dapat tatacara menjelaskan menguburkan janazah
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Perawatan jenazah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang perawatan jenazah
dan ziarah kubur
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar perawatan jenazah dan ziarah kubur dan
tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang perawatan
jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan perawatan
jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari
§ Salah
seorang siswa mempraktekkan perawatan
jenazah dan ziarah kubur sementara yang lain memperhatikan dan
mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian perawatan
jenazah dan ziarah kubur (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian perawatan jenazah dan ziarah kubur untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 76 ) ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan janazah
§ Siswa dapat menjelaskan tatacara mengkafani janazah
§ Siswa dapat menjelaskan tatacara menyalatkan janazah
§
Siswa dapat menjelaskan tatacara menguburkan janazah
|
Tes tulis
Tes lisan
Tes unjuk k erja
Performan
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan tata cara memandikan janazah!
§
Jelaskan tatacara mengkafani janazah!
§
Jelaskan tatacara menyalatkan janazah!
§
Jelaskan tatacara menguburkan janazah!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.
Kompetensi Dasar
4.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan dasar hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam hak yang harus
dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan
kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§ Siswa dapat menjelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah
meningal dunia
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Ketentuan harta si mayat
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk
mengumpulkan informasi harta si mayat (waris)
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari hukum waris.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum waris, macam dan perlengkapannya.
§ Guru mendemontrasikan tentang harta si mayat (Waris)
Fase Elaborasi
§ Membuat bagan tentang
harta si mayat (Waris)
§ Pameran
bagan dan saling mengomentari
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian harta
simayat dan peruntukkannya
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi Harta si mayat (waris).
§
Guru memberikan tugas untuk mepersiapkan
diri/hal-hal yang dibutuhkan untuk praktek pengurusan jenazah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 93 ) Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan dasar hukum waris
§ Siswa dapat menjelaskan macam-macam hak yang harus
dikeluarkan sebelum pembagian harta waris
§ Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan
kewajiban janazah yang belum terselesaikan
§
Siswa dapat menjelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah meningal dunia
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan pengertian dan hukum waris!
§
Sebutkan macam-macam hak yang harus dikeluarkan sebelum pembagian harta waris!
§
Jelaskan kewajiban anak (ahli waris) terhadap orang tuia setelah
meningal dunia!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Madrasah : MTS DIPONEGORO JAPAH
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX / 2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur
B.
Kompetensi Dasar
4.3 Mempraktekkan tatacara pengurusan jenazah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menunjukkan contoh perawatan jenazah.
§ Siswa dapat mendemonstrasikan
perawatan jenazah
D.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes )
E.
Materi Pembelajaran
§ Tatacara pengurusan jenazah
F.
Metode Pembelajaran
§ Role Play ( bermain peran ) : mengilustrasikan dan peka
terhadap masalah-masalah sosial dalam peribadatan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi perawatan jenazah dan ziarah kubur
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur dan
tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi
§ Siswa membaca literatur/referensi tentang perawatan jenazah dan ziarah kubur
§ Siswa mengamati demonstrasi guru tentang perawatan
jenazah dan ziarah kubur dan tatacaranya
Fase Elaborasi
§ Menunjuk empat siswa/peserta didik yang menjadi ketua
kelompok untuk maju kedepan mempraktekkan karakter perawatan jenazah dan
ziarah kubur dan siswa/peserta didik dapat meminta beberapa teman kelompoknya
untuk membantu pelaksanaan praktek perawatan jenazah dan ziarah kubur
§ Meminta untuk saling bertukar peran berdasarkan
karakter masing-masing materi yang di praktekkan
§ Pada saat mempraktekkan perawatan jenazah dan ziarah kubur sementara yang
lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil
kegiatan pengamatan
Fase Konfirmasi
§
Penguatan tentang pengertian perawatan
jenazah dan ziarah kubur
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi perawatan jenazah dan ziarah kubur.
§ Guru memberitahukan kepada seluruh siswa setelah
kegiatan pembelajaran ini selesai untuk belajar yang lebih giat dan membaca
seluruh materi pelajaran fikih mulai kelas 7 sampai kelas 9 karena Ulangan
Akhir Semester dan Ujian Akhir
Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) akan segera dilaksanakan.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Sumber: Al Qur’an
terjemahan dan hadits,Buku acuan Paket Fikih (T. Ibrahim – Tabrani, Hal: 97 ) ,Alat: Boneka, gunting ,Bahan: LKS, Bahan Presentasi, Kain kafan
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menunjukkan contoh perawatan jenazah.
§
Siswa dapat mendemonstrasikan perawatan jenazah
|
Unjuk Kerja
|
Uraian
|
§
Sebutkan contoh perawatan jenazah!
|
J. Pedoman
Penskoran :
Nilai=
|
Jawaban Benar
|
X
|
100
|
Jumlah Soal
|
K. Catatan Guru/Supervisor/Kepala
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Mengetahui
Kepala MTs Diponegoro Japah
MUSTARI, SH
|
|
Japah, Juli 2012
Guru Bidang Studi Fiqih
SARI PURNOMO, S.Pd.I, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar